Tas kulit Abekani merek fashion lokal Bantul

Tas kulit Abekani merek fashion lokal Bantul

Tas kulit Abekani merek fashion lokal Bantul

Tas kulit abekani merupakan brand lokal asal jogja yang cukup menyedot perhatian banyak orang. Tas menjadi satu barang-barang fashion yang memiliki banyak tipe dan varian.

Aksesoris ini tidak pernah lekang oleh waktu. Selain bisa menyimpan berbagai barang, aksesoris ini juga mampu memberikan gaya Anda yang lebih lengkap.

Tak hanya itu, aksesori ini bisa menunjukkan status sosial seseorang yang memakainya. Semakin tinggi harganya, semakin tinggi status sosialnya.

Bahan pembuatan tasnya sendiri juga bisa mempengaruhi kualitasnya. Bahan-bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Salah satu bahan yang memiliki kualitas yang baik adalah bahan kulit. Selain memiliki kualitas yang kuat dan tahan lama, bahan kulit juga memiliki tampilan yang berkelas dan elegan.

Baca juga: Perbaikan tas kulit yang mengelupas dengan cara yang mudah dan tepat

Tak heran jika tas kulit termasuk dalam tas bermerek dengan harga tinggi. Aksesoris ini cukup fenomenal, bahkan populer saat pandemi.

Hal ini terjadi pada pelaku usaha rumahan yang berproduksi pada saat pandemi. Hal itu dibuktikan dengan adanya sepasang suami istri di Bantul Yogyakarta.

Asal Usul Tas Kulit Abekani

Tanjung Pratiwi dan Adi Nugroho adalah pasangan suami istri yang merupakan pengusaha tas abekani. Kalau biasanya bahan baku pembuatan tas kulit berkualitas adalah kulit binatang buas.

Misalnya buaya, ular, dan lainnya. Kulit sapi merupakan bahan pembuatan tas berkualitas, kini sepasang suami istri dari Bantul menggunakannya.

Pasangan asal Bantul Yogyakarta ini mampu membuat bahan kulit sapi untuk pembuatan berbagai jenis tas dan aksesoris trendi. Sejak 2009, keduanya mulai berproduksi.

Tanjung, pelaku usaha, mengatakan tas kulit buatan tangan memiliki potensi yang lebih besar. Tas kulit memang memiliki harga yang tinggi.

Baca juga: Pencucian Tas Kulit Dilakukan Dengan Benar Untuk Menjaga Kualitasnya

Untuk itulah para pelaku usaha lokal berusaha memberikan inovasi yang dapat mengatasi hal tersebut. Meski merupakan merk lokal, namun tas kulit Abekani memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merk luar negeri.

Selain menjaga kualitas, produksi tas kulit sapi ini juga memiliki harga yang terjangkau. Modelnya pun memiliki variasi modern, trendy, dan modis.

Peningkatan Produksi Tas Kulit

Tas mampu membuat penampilan seseorang semakin menarik dan menarik modis. Karenanya, tas Abekani dibuat semenarik mungkin.

Baca:  Blus Batik Modern, Rekomendasi Atasan Modis Modern

Meski merupakan merek lokal, tampilannya sangat unik dan berkelas. Adi Nugroho, sang produser, memilih desain Eropa yang berkonsep klasik atau vintage.

Model berupa gendongan memiliki kombinasi bahan kulit sapi dengan model klasik. Sehingga membuat tas terlihat kokoh dan berkelas.

Seiring berjalannya waktu, produk ini semakin meluas. Hingga akhirnya membuat permintaan meningkat. Padahal, produksinya mampu menghasilkan hingga 300 buah per bulan.

Permintaan yang semakin meningkat membuat tas kulit Abekani menyediakan berbagai model. Tak hanya tas model selempang, ada juga tas wanita untuk kamera, case gadget, dompet, dan jenis lainnya.

Pembuatan Tas Kulit Sapi

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan saat membuat tas kulit abekani. Langkah demi langkah membutuhkan kerja yang cermat dan hati-hati. Ini bertujuan untuk menghasilkan tas yang berkualitas.

Tahap pertama adalah pengolahan bahan kulit mentah yang biasa disebut penyamakan. Langkah awal ini akan mempengaruhi kualitas tas itu sendiri.

Ada beberapa hasil dari penyamakan ini yaitu kulit nabati, pull up, dan kulit krom. Kemudian bahan bakunya berupa lembaran, kemudian proses pembuatan pola.

Pindahkan pola lalu potong bahannya. Pembuatan tas kulit sapi ini cukup mudah. Langkah selanjutnya adalah menempel dan menjahit kulit menggunakan mesin khusus.

Baca juga: Tote bag rajut hadir dengan banyak keunggulan sesuai dengan fungsinya

Kemudian proses penambahan aksesoris untuk melengkapinya. Tas akan terlihat berkualitas karena terbuat dari jahitan tangan.

Pemasaran produk tas kulit Abekani melalui media online. Hingga saat ini Abekani sendiri memiliki website resmi khusus untuk penanganannya pelanggan lebih terorganisir dan sistematis.

Target pasar utamanya adalah domestik. Namun, dari luar negeri, sebenarnya banyak juga yang masuk. Namun produksi tas kulit abekani masih kurang. Sehingga tidak banyak yang bisa melayani kebutuhan dari luar negeri. (R10 / HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief

Postingan Tas Kulit Abekani merek lokal fashion kekinian Bantul muncul pertama kali di Harapan Rakyat Online.