Sepatu kulit cakar ayam, barang bekas menjadi barang berkualitas

Sepatu kulit cakar ayam, barang bekas menjadi barang berkualitas

Sepatu kulit cakar ayam, barang bekas menjadi barang berkualitas

Sepatu kulit cakar ayam? Pernahkah Anda mengira bahwa kulit dari ceker ayam bisa dijadikan bahan sepatu. Keunikan tersebut dibuktikan dengan adanya brand sepatu terbaru hasil kreasi anak Indonesia.

Merek asal Bandung ini menemukan formula untuk mengolah kulit ceker ayam menjadi bahan mewah. Sepatu adalah barang yang sedang hangat dibicarakan oleh kebanyakan orang.

Apalagi sekarang modelnya makin unik dan menarik. Sepatu merek lokal memiliki peminat yang cukup banyak, tidak kalah bersaing dengan merek ternama lainnya.

Bandung memang terkenal sebagai kota yang cukup kreatif dalam memproduksi berbagai kerajinan tangan, termasuk sepatu. Alas kaki buatan Bandung memang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.

Selain bentuknya yang unik, pemilihan material juga ikut andil dalam pemasarannya. Brand lokal asal bandung yang cukup unik dan populer saat ini yaitu kulit ceker ayam.

Sepatu kulit Claw baru saja naik daun belakangan ini. Meski terbuat dari bahan yang sepele, namun kualitasnya mengagumkan.

Baca juga: Sepatu Kulit Berjamur, Lepas dengan Cara Mudah dan Benar

Kalau tidak percaya kulit cakar bisa diubah jadi uang, Nurman jawabannya. Pencetus ide unik ini berasal dari kota Bandung.

Asal Usul Sepatu Kulit Cakar Ayam

Sepatu hampir dimiliki oleh kebanyakan orang. Bahkan mode yang satu ini menjadi aksesoris wajib saat beraktivitas.

Bentuknya yang unik dan modelnya yang beragam terkadang membuat kebanyakan orang membelinya untuk bersenang-senang, bahkan untuk barang koleksi. Tidak hanya merek asing terkenal yang populer saat ini.

Ada inovasi baru dengan kreasi sepatu unik yang terbuat dari kulit ayam. Nurman Farieka Ramdhani adalah pencetus ide menarik ini dengan mengusung nama Hirka Shoes.

Nurman berhasil menjadikan limbah buangan berguna untuk barang berkualitas. Sebenarnya perjalanan pemilik sepatu ini tidaklah mudah.

Sebagai mahasiswa yang putus kuliah, memang tidak mudah membangun bisnis. Hal ini dibuktikan dengan empat kegagalan dalam memulai usaha.

Sebelumnya, Nurman menjalankan sepatu kanvas. Namun, ada minat terhadap penelitian ayahnya 20 tahun lalu.

Ayahnya yang menempuh pendidikan di Politeknik Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta ini mengembangkan penelitian kulit cakar menjadi bahan baku. Selama 1 tahun, penelitian Nurman berlangsung.

Baca juga: Sepatu Sneaker Kulit Pria, Pilihan Alternatif Gaya Casual Masa Kini

Hingga akhirnya diputuskan bahan ini sebagai bahan pembuatan sepatu. Hal itu dilakukan Nurman dengan meminjam modal dari ayahnya. Pada tahun 2017 lalu, sepatu cakar kulit ayam ini mulai dikenal publik.

Baca:  Dompet Pesta Wanita, Membuat Penampilan Semakin Maksimal

Pertama di Dunia

Setelah kemunculannya, sepatu Hirka ternyata memiliki banyak peminat. Apalagi dengan tekstur kulit cakar yang khas, membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Teksturnya mirip dengan kulit ular. Hanya saja, kalau kulit ular lebih mudah terkelupas daripada kulit cakar. Karena keunikannya, Hirka Shoes menjadi sepatu kulit kaki ayam pertama dalam sejarah dunia.

Dengan teksturnya yang unik, alas kaki asal Bandung ini menawarkan kesan eksotis dan mewah. Ada banyak alasan mengapa kulit ceker ayam bermanfaat di lini ini.

Kulit ayam menjadi pilihan yang tepat karena teksturnya yang unik dan eksotis. Seperti kulit reptil lainnya, bahan ini juga cukup ekonomis.

Tak hanya itu, produksi ini dapat menurunkan produksi kulit binatang buas. Selain irit, kulit ayam terlihat berkelanjutan.

Keunikan sepatu kulit ceker ayam ini sudah mendunia. Merek lokal ini mampu merambah ke berbagai dunia. Antara lain Malaysia, Turki, Singapura, Hongkong, Brazil, Perancis dan Inggris.

Material Domestik Kualitas Luar Negeri

Nama Hirka memang cukup populer yang artinya dicintai. Alas kaki yang satu ini memiliki banyak keunggulan hingga akhirnya pernah meluncur ke Turki untuk dipamerkan.

Baca juga: Merawat Boots Kulit agar Awet

Meski sudah lolos uji dan merupakan brand lokal kelas dunia, Hirka Shoes memiliki penawaran harga yang cukup ekonomis. Sepatu kulit kaki ayam ini tidak mengalami kenaikan harga meski cukup digemari. Bahkan tak jarang para artis memilih menggunakan sepatu berkualitas di negeri ini.

Pilih sepatu dalam negeri yang memiliki kualitas luar negeri. Sepatu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sepatu kulit ceker ayam ini memiliki tekstur yang unik dan menarik. (R10 / HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid

Postingan Sepatu Kulit Cakar Ayam, Barang Bekas Menjadi Barang Berkualitas tampil pertama kali di Harapan Rakyat Online.