Asal Usul Sepatu, Bukti Perkembangan dari Waktu ke Waktu

Asal Usul Sepatu, Bukti Perkembangan dari Waktu ke Waktu

Asal Usul Sepatu, Bukti Perkembangan dari Waktu ke Waktu

Asal usul sepatu dari masa ke masa memang berkembang cukup pesat. Sepatu adalah alas kaki yang merupakan salah satunya barang-barang fashion pilihan banyak orang.

Ada banyak jenis alas kaki yang satu ini dan perkembangannya pun mengalami kemajuan. Jenis alas kaki ini cukup banyak dari segi fungsinya.

Selain itu, mode sepatu juga mampu membuat gaya penampilan semakin keren. Anda bisa memilih berbagai model alas kaki sesuai kebutuhan. Sebenarnya sepatu sudah ada sejak lama.

Namun, memiliki perbedaan dari segi bentuk dan bahan bakunya. Keberadaan model alas kaki saat ini tidak lepas dari perkembangan sepatu kekinian tua.

Baca juga: Alas Kaki Bumi, Terbuat Dari Bahan Ramah Lingkungan

Telah terungkap asal muasal sepatu yang ditemukan oleh para peneliti. Hal tersebut bisa dibuktikan ketika peneliti mencari tahu tentang fakta yang ada sejak zaman dahulu.

Sejarah Asal Usul Sepatu

Sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki yang dibutuhkan manusia saat ini. Alas kaki yang satu ini mampu melindungi kaki dari hal-hal yang dapat melukai kaki.

Apalagi karena banyaknya model, menjadikan aksesori yang satu ini sebagai gaya hidup atau gaya hidup. Asal muasal sepatu terlihat jelas.

Jenis alas kaki ini sudah ada sejak lama. Padahal, sepatu sebenarnya sudah ada sejak zaman es atau sekitar 5 juta tahun lalu.

Namun, memang desain, model dan bahannya berbeda. Sepatu tua terbuat dari kulit binatang. Alas kaki era primitif sangat banyak, terletak tepat di pedalaman Missouri, Amerika Serikat.

Penemuan tanggal kembali ke 8000 SM. Selain itu, ada juga penemuan asal muasal sepatu yang berasal dari tahun 3300 SM di Perancis.

Selain yang terbuat dari kulit binatang, ada juga alas kaki yang terbuat dari rumput atau semak belukar. Bahan ini memang terlihat banyak untuk pembuatan sepatu yang memiliki fungsi yang sama.

Fungsi alas kaki kuno adalah melindungi kaki dari terik matahari dan suhu dingin. Tak hanya itu, ada sepatu dari peradaban Mesir kuno, Viking, dan Tiongkok kuno.

Gambar atau desainnya cukup indah dan berbeda. Alas kaki ini milik Raja Mesir, yang dulu menunjukkan status sosial.

Baca juga: Sepatu hiking untuk wanita, pilih bahan kulit sintetis yang nyaman

Gambar pada sepatu ini hanya untuk raja karena orang biasa tidak akan bisa membelinya. Pasalnya, harga sepatu tersebut tergolong mahal.

Baca:  Blus Batik Modern, Rekomendasi Atasan Modis Modern

Pengembangan Sepatu

Asal mula sepatu pada tahun 1800, sepatu dengan sol karet mulai diproduksi dengan nama tersebut plimsolls. Selanjutnya pada tahun 1892, perusahaan karet Goodyear bekerjasama dengan perusahaan sepatu yang satu ini.

Hasilnya lahirlah sepatu karet dan kanvas dengan nama produk Keds. Sedangkan pada tahun 1908 Marquis M. Converse mendirikan perusahaan sepatu Converse.

Produk alas kaki yang ada adalah sepatu basket yang pertama. Pada tahun 1917, Keds menjadi alas kaki atletik yang diproduksi secara massal pertama.

Hingga akhirnya jenis ini dikenal dengan nama sneakers. 1924 Adi dan Rudolph Dassler menciptakan sepatu olahraga pertama dengan nama Gebr der Dassler Schuhfabrik, Herzogenaurah, Jerman.

Lambat laun dari asalnya, sepatu ini pun berganti nama menjadi Adidas. Pada tahun 1950 sneakers menjadi salah satu jenis alas kaki yang banyak diminati kalangan anak muda.

Selain tersedia luas di semua toko sepatu, harganya juga cukup terjangkau. 1962 Phil Knight dan Bill Bowerman diluncurkan dengan nama Blue Ribbon Sports.

Jenis alas kaki ini mengusung teknologi tinggi. Pada tahun 1968, perusahaan sepatu berganti nama menjadi Nike.

Pada tahun 1970, Nike mulai berproduksi dengan jenis sepatu profesional. Selain itu juga memproduksi untuk pelari yaitu alas kaki non professional.

Baca juga: Sepatu Kulit Berjamur, Lepas dengan Cara Mudah dan Benar

Semakin maju perkembangannya, sepatu ini juga berubah menjadi satu mode yang menarik. Produk Nike juga cukup terkenal dan mampu merajai pasar.

Hal ini terlihat dari produknya yaitu Air Jordan yang cukup terkenal. Apalagi ia juga mendapat dukungan dari pemain bola basket ternama, Michael Jordan.

Tak bisa dipungkiri, perkembangan sepatu memang cukup pesat dari tahun ke tahun. Semuanya bisa terlihat jelas dari asal muasal sepatu dari zaman dulu hingga sekarang. (R10 / HR-Online)

Editor: Deni Supendi

Postingan Asal Usul Sepatu Bukti Perkembangan dari Masa ke Masa muncul pertama kali di Harapan Rakyat Online.