Alat Pencuci Sepatu, Sesuaikan Bahan Pembuatannya

Alat Pencuci Sepatu, Sesuaikan Bahan Pembuatannya

Alat Pencuci Sepatu, Sesuaikan Bahan Pembuatannya

Mesin cuci sepatu kini tersedia dalam berbagai jenis sesuai dengan bahan pembuatannya. Sepatu menjadi barang-barang fashion yang tidak kalah pentingnya dengan pakaian.

Penampilan Anda tidak akan sempurna tanpa alas kaki yang satu ini. Karena itulah tidak mengherankan jika kebanyakan orang memiliki koleksi yang banyak.

Alas kaki yang Anda miliki tentunya harus sesuai dengan aktivitas yang akan Anda jalankan. Sebagai alas kaki tentunya untuk memanjat sehingga sering kotor.

Kotoran dan debu dapat dengan mudah menempel pada alas kaki yang Anda kenakan. Jika tidak merawatnya dengan baik meski harganya mahal, tapi tampilannya terlihat jelek.

Begitu juga kalau memberikan perawatan rutin, meski harganya murah tetap akan tampil modis. Selain bisa tampil menarik, alas kaki tidak mudah dikenakan dan tentunya enak dipandang.

Baca juga: Asal Usul Sepatu, Bukti Perkembangan dari Waktu ke Waktu

Berikan perawatan khusus dengan mesin cuci sepatu yang sesuai. Hal ini dikarenakan sepatu memiliki bahan yang berbeda dan cara perawatannya juga tidak sama.

Jangan sembarangan saat membersihkan alas kaki agar awet dan tahan lama. Jika Anda membersihkannya dengan sembarangan, bahan aslinya akan cepat rusak.

Mesin cuci sepatu dan cara merawatnya

Alas kaki adalah barang yang wajib dimiliki oleh semua orang. Hadir dengan model dan desain menarik yang membuat semua orang ingin memilikinya.

Bahan pembuatan alas kaki yang satu ini bermacam-macam dan bisa Anda pilih sesuai selera. Anda juga bisa menyesuaikan pilihan sepatu dengan aktivitas Anda.

Pasalnya, kini hadir dengan beragam desain dan bahan yang berbeda. Meski memilih berbagai jenis sepatu, namun tetap harus memberikan perawatan yang tepat.

Secara umum, sikat khusus untuk pembersih sepatu kini hadir dalam banyak varian. Sikat merupakan salah satu alat cuci sepatu yang cukup populer dan efektif membersihkan dari debu dan kotoran.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat sepatu sesuai dengan bahan pembuatannya. Ada banyak jenis kuas yang kualitasnya bagus untuk membersihkan sepatu.

Berikut beberapa cara merawat sepatu sesuai bahan pembuatannya. Berikan perawatan yang tepat agar sepatu tetap awet dan tahan lama.

Suede (Velvet)

Membersihkan sepatu berbahan suede berbeda dengan bahan lainnya. Karena suede memiliki bahan yang halus dan lembut, Anda harus menggunakan mesin pencuci sepatu khusus untuk membersihkannya.

Baca juga: Merawat sepatu putih, sesuai bahan yang digunakan

Jangan biarkan air membilasnya. Sebab, bahan ini sangat peka terhadap kondisi basah. Jadi jika ada noda pada sepatu suede, bersihkan hingga kering.

Baca:  Model Sepatu Slip On Terbaru, Keunggulan Berbagai Desain Menarik

Tolak kuas berulang kali agar teksturnya tidak rusak. Jika masih membandel, bersihkan noda dengan penghapus pensil karet.

Kanvas

Mesin cuci sepatu kanvas berbeda dengan suede. Kanvas adalah bahan yang mudah kotor, jadi sebaiknya dibersihkan secara rutin.

Jika dibiarkan kotor, bisa jadi sarang bakteri dan kuman. Bersihkan sepatu kanvas dengan sikat gigi yang lembut atau kain bersih.

Gosok noda hingga hilang dan bersih. Anda juga bisa mencuci sepatu kanvas secara manual, jangan gunakan mesin cuci agar tidak merusak teksturnya.

Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung biar warnanya tidak luntur. Hindari juga mengeringkan dengan pengering rambut.

Kulit

Merawat jenis sepatu kulit juga mudah untuk Anda lakukan. Meski harganya mahal, tapi kalau tidak dibersihkan tidak akan enak dipandang.

Bersihkan secara perlahan, jika warnanya memudar gunakan bantuan cat warna. Sikat cat kuku satu arah untuk menjaga alur alami tetap di tempatnya. Ada sikat khusus untuk mencuci sepatu kulit.

Baca juga: Sepatu Kulit Berjamur, Hapus Dengan Cara Mudah dan Benar

Sedangkan pada bagian yang sempit atau sulit dijangkau, gunakan sikat gigi. Agar sepatu terlihat berkilau, berikan sentuhan flanel yang bersih. Hindari paparan sinar matahari langsung agar warnanya tidak pudar.

Kulit Paten

Kulit paten berbeda dengan kulit karena memiliki lapisan khusus agar tampak berkilau. Cara membersihkan dan merawatnya pun tidak bisa sembarangan.

Kami merekomendasikan penggunaan petroleum jelly. Oleskan bahan dengan kain bersih atau kapas. Jika kotoran hilang, tambahkan pembersih kaca ekstra.

Menggunakan mesin cuci sepatu membantu membersihkan kotoran dan debu. Berikan perawatan yang tepat untuk semua jenis bahan untuk setiap sepatu. (R10 / HR-Online)

Editor: Deni Supendi

Posting Alat Cuci Sepatu, Disesuaikan Bahan Pembuatannya Muncul pertama kali di Harapan Rakyat Online.